Bagaimana menjadi seorang seniman? Panduan lengkap +3 tips penting tentang cara menjadi artis dari awal

Bagaimana menjadi seorang seniman

Apakah Anda ingin belajar cara menggambar? Apakah Anda selalu bermimpi menjadi seorang seniman, tetapi apakah menurut Anda diperlukan bakat khusus untuk ini? Kami akan memberi Anda petunjuk lengkap tentang cara mewujudkan impian Anda dan belajar cara membuat karya seni nyata.


DALAM ARTIKEL KAMI AKAN MEMBERI TAHU: 

Siapa artis menurut profesinya? 


Seniman adalah orang yang kreatif. Ia memiliki inspirasi dan keinginan untuk menciptakan. Tetapi jika seseorang menyebut seni sebagai profesinya, maka tujuannya adalah untuk mendapatkan uang dengan bakatnya. Tidak ada sumber pasti dari mana bakat ini diambil. Seni bukanlah matematika di mana Anda dapat duduk dan memecahkan masalah menurut skema tertentu. Setiap seniman melihat dunia dengan caranya sendiri, dan inspirasi mengunjunginya begitu dia pergi. Seniman berbeda dan juga terlibat dalam bidang yang berbeda. Mari kita bicara secara singkat tentang masing-masing.

Apa saja jenis-jenis artis? 

  • Pelukis. Biasanya, ia menggambar dari alam, bekerja untuk dirinya sendiri atau di bengkel tempat lukisan dibuat sesuai pesanan. 
  • Salin artis. Membuat salinan lukisan oleh seniman terkenal, bekerja di bengkel tempat karya tersebut dipesan. 
  • Kartunis. Membuat karikatur dari orang yang berbeda, situasi kehidupan atau lingkungan politik. Paling sering dia bekerja di penerbit surat kabar dan majalah, di bidang periklanan. 
  • Ilustrator. Terlibat dalam pembuatan ilustrasi di mana pun mereka dibutuhkan. Dia dapat bekerja di sebuah penerbit buku, dan di bidang periklanan, dan pada implementasi kartun, dan dalam grafik komputer. 
  • Seniman grafis. Membuat gambar grafis, terutama dengan bantuan komputer. Dia bekerja di penerbit, lebih sering dia disebut sebagai desainer. 
  • Artis restorasi. Spesialisasi dalam restorasi benda-benda seni. Dia kadang-kadang diperingkatkan di antara karyawan museum dan organisasi ilmiah. 
  • Perancang busana. Terlibat dalam pembuatan sketsa pakaian dan sepatu. Bekerja di pabrik, rumah mode, atelier. 
  • Artis perhiasan. Membuat berbagai perhiasan dan perhiasan. Bekerja di toko perhiasan dan pabrik perhiasan. 
Semua seniman disatukan oleh bakat dan pandangan hidup yang tidak standar. Beberapa orang dapat terinspirasi oleh matahari terbenam di malam hari, sementara yang lain dapat terinspirasi oleh kain lap yang digantung santai di kursi.


Bagaimana artis melihat? 


Banyak seniman mengatakan bahwa mereka melihat garis, bentuk, bintik, nada, cahaya, bayangan. Pakar kami melihat "keindahan": Yang lain tertarik dengan gambar "bukan untuk menjadi lemah hati": Karya Alisa Nurgaleeva Biasanya saya melihat sesuatu yang tidak nyata. Hal-hal menyeramkan terlihat indah sampai batas tertentu, jadi, secara konvensional, dinding merah dapat memproyeksikan gambar darah dalam pikiran saya. Dari sini, seluruh gambar kemudian lahir.

Dari mana seniman mendapatkan inspirasi? 

Jawaban atas pertanyaan ini sama ambigunya dengan pertanyaan sebelumnya. Setiap seniman memiliki sumber inspirasinya sendiri: Namun, inspirasi bagi seorang seniman, seperti halnya orang kreatif lainnya, tidak selalu datang, sehingga terjadi stagnasi yang panjang. Anda bisa mencarinya di musik, sastra, terinspirasi dari pelukis terkenal. Tetapi bagi saya tampaknya itu datang tiba-tiba: Anda berjalan di jalan, Anda melihat sesuatu yang tidak biasa, sebuah ide muncul, dan Anda mengembangkannya.

Bagaimana proses kreatif seorang seniman bekerja? 

Menciptakan sebuah karya seni berarti memulai kekacauan. Tidak untuk semua orang, ini adalah proses yang tenang dan terkoordinasi dengan baik. Anda dapat mempersiapkan tempat kerja Anda untuk waktu yang lama, menata semuanya dengan hati-hati dan mulai membuat karya agung. Atau Anda dapat secara spontan berlari, mengambil selembar kertas pertama, pensil yang muncul, dan dengan cepat mulai mewujudkan gagasan itu agar tidak melupakannya. Vlada Bystrova, artis, 14 tahun pengalaman.

Emosi apa yang dialami seniman selama penciptaan karya? 

Jika Anda berpikir bahwa melukis gambar itu tenang dan santai, maka kami terburu-buru mengecewakan Anda. Tidak selalu dari karya seniman, suasana hatinya naik. Terkadang justru sebaliknya. Dengan emosi selama proses kreatif masih lebih sulit. Anda dapat memulai dalam suasana hati yang baik dan berakhir dalam suasana hati yang paling buruk, membuang pekerjaan Anda atau menghancurkannya.

Masalah kreativitas seniman 

Masalah pertama: sulit untuk memilih satu arah dalam kreativitas. 

- Pada suatu waktu saya ingin menemukan sesuatu sendiri, tetapi sulit untuk memahami ke mana harus pergi. Sangat dipengaruhi oleh pengalaman dan tulisan tangan master lain. Di semua universitas seni, begitu banyak keterampilan diberikan sehingga Anda dapat bekerja sebagai pelukis realistis, sebagai desainer, dan melakukan pekerjaan dekoratif. Sulit untuk memilih dari semua variasi apa arah Anda sendiri, apa yang akan menjadi dasar aktivitas Anda sebagai pencipta. Saya melakukan banyak upaya berbeda untuk melakukan semuanya secara berurutan, dan itu adalah waktu untuk mencari. Pada akhirnya, Anda masih sampai pada kesimpulan bahwa Anda perlu menyingkirkan kelebihan dan meninggalkan satu arah di mana Anda akan berkembang dengan baik. Maka hasilnya dicapai jauh lebih cepat.

Masalah kedua: bahan mahal. 

Sekarang ada berbagai macam bahan untuk seniman, tetapi semuanya mahal. Jika tidak ada penghasilan tetap, Anda harus menabung untuk membeli pensil atau cat yang diperlukan. 

Masalah ketiga: tidak semua pekerjaan diperoleh pertama kali. 

Terkadang Anda harus mengulang gambar dua atau bahkan tiga kali. Satu langkah salah, satu pilihan bahan salah, dan pekerjaan hancur. Anda menemukan kesalahan dengan kreativitas, dan itu menemukan kesalahan pada Anda. Alisa Nurgaleeva, artis amatir


Di mana belajar sebagai seniman? 

Seringkali orang tua kita menentukan nasib kita. Pertama, ibumu membawamu ke kelas menggambar, lalu mengirimmu ke sekolah seni, dan setelah itu kamu secara sadar memilih akademi seni setelah kelas 9-11 dan melanjutkan jalur profesionalmu. Ke mana harus pergi belajar jika Anda baru saja menemukan bakat seni? Apakah benar-benar tidak mungkin memberi diri Anda kesempatan, bahkan menjadi terlalu tua? Bisa. 
1. Jika Anda berada di sekolah dan menyelesaikan kelas 9. Anda masih memiliki kesempatan untuk mendaftar di sekolah seni. Banyak dari mereka menerima anak-anak di bawah usia 16 tahun. Cari orang-orang yang paling dekat dengan rumah dan lihat apakah mereka siap untuk mengikuti pelatihan Anda.
2. Jika Anda menyelesaikan kelas 11. Dunia pendidikan seni khusus yang lebih tinggi terbuka di hadapan Anda. Pertama, Anda dapat mendaftar ke Akademi Seni dan Industri Negeri
3. Kursus untuk segala usia. Sekarang banyak guru mengatur kelas ekspres. Anda dapat menemukan kursus individu dan kursus kelompok. Sebagai aturan, tidak ada batasan usia, dan para profesional mengajar siapa saja yang menginginkannya.
4. Kelas master. Pilihan yang cukup umum untuk mengajar seni saat ini. Ada banyak orang yang siap untuk berbagi pengalaman mereka selama pertemuan individu. Ini bisa berupa pertemuan satu kali, ketika Anda datang ke studio dan melukis gambar yang Anda suka dengan artis, atau studi jangka panjang yang sistematis.


Apa dan bagaimana seorang seniman bekerja? 

Pertama-tama, sang seniman bekerja dengan jiwa dan tangannya. Tidak semua orang bisa mengambil kuas dan membuat sebuah mahakarya. Di dalam harus selalu ada sesuatu yang mendorong Anda untuk melukis gambar. 

Tetapi pada tahap pertama, jika Anda belum menemukan bakat Anda, Anda harus mulai dengan materi. Kami akan menganalisis bahan apa yang digunakan seniman.

  • 1. Cat. Ada empat jenis: minyak, cat air, guas dan akrilik. Biasanya seniman menemukan dirinya dalam satu hal dan bekerja dengan bahan ini. Cat air ditulis hanya dengan banyak air. Tanpa itu, cat tidak akan memberikan efek ringan dan halus pada gambar. Guas lebih tebal dari cat air dan lebih rapat, sehingga lebih sedikit air yang digunakan untuk membuat lukisan. Akrilik menggabungkan sifat minyak dan cat air. Mereka dapat bekerja "kering", cukup diperas dari tabung, atau mereka dapat diencerkan dengan air. Cat minyak digunakan dengan pengencer. Mereka tidak membutuhkan air dan membutuhkan waktu lama untuk mengering. 
  • 2. Kuas. Ada sintetis dan wol: kuda poni, kambing, tupai, babi, musang, dan kolom. Pilih yang nyaman untuk Anda, berdasarkan jenis cat yang Anda gunakan. "Babi" dan "luak" paling cocok untuk cat minyak. "Tupai" dan "kambing" berinteraksi lebih baik dengan cat air. Kuas sintetis digunakan untuk akrilik. "Pony", "sable" dan "columns" bersifat universal. Dengan bantuan mereka menulis semua jenis cat. 
  • 3. Pensil. Ada yang polos dan berwarna-warni. Biasanya tidak ada kesulitan dengan warna, dan seniman membeli satu set perusahaan paling terkenal, misalnya, Faber-Castell, Koh-I-Noor, Lyra. Pensil sederhana dibagi menurut kelembutan dan kekerasan stylus. Ada skala penunjukan Rusia, Eropa dan Amerika - tangkap shemka bagaimana mereka berbeda. 
  • 4. Batubara. Arang adalah arang dan ditekan. Ditekan terlihat lebih hitam dan lebih gemuk, inilah perbedaan utamanya. Ini agak mengingatkan pada pensil, tetapi setelah gambar selesai, itu perlu diperbaiki. 
  • 5. Tinta dan tinta. Ini adalah bahan yang sangat umum untuk kaligrafi. Mereka menggambar dengan pulpen. Tinta lebih tahan air daripada tinta. 
  • 6. Pastel. Tekstur pastelnya menyerupai pensil atau krayon lilin anak-anak. Itu datang dalam 4 jenis: kering, lilin, minyak dan cat air. Pastel kering diarsir dan dicampur dengan baik. Pastel lilin bercampur dengan baik dengan cat air, tetapi lebih sering digunakan untuk gambar anak-anak. Pastel cat air bisa diburamkan dan diubah menjadi cat air. Pastel minyak hampir tidak bercampur, dapat dikaburkan dengan pelarut, dan sebagai hasilnya, gambar akan menjadi serupa dengan yang dicat dengan cat minyak. 
  • 7. Kertas. Seperti halnya kuas, kertas juga diklasifikasikan menurut jenis bahan yang digunakan seniman untuk melukis. Ada 6 jenis kertas yang digunakan oleh seniman: Kertas kantor - tipis, untuk pensil (kepadatan - 80 g / m²). Cat air - padat, untuk cat air (kepadatan - 200 g / m²). Pastel - untuk pastel (kepadatan - 160 g / m²). Dilapisi - untuk tinta dan tinta (kepadatan - 75 g / m²). Gambar - untuk pensil dan pastel minyak (kepadatan - 200 g / m²). Kerajinan - untuk arang dan pastel (kepadatan - 70-90 g / m²). 
  • 8. Kanvas. Hal utama yang perlu diketahui saat membeli kanvas adalah jika Anda ingin melukis di atasnya dengan cat minyak, maka belilah kanvas yang sudah disiapkan. Mereka juga di atas tandu dan di atas karton. Kanvas di atas karton lebih tipis, dan karena menempel pada karton, itu tidak akan berfungsi, tidak seperti kanvas di atas tandu.

Bagaimana menjadi terkenal sebagai seniman? 

Pada abad ke-21, ketenaran bagi hampir semua orang kreatif datang melalui Internet. Untuk memulai, Anda dapat mencoba membuat halaman di Instagram atau di sosmed sperti tiktok instagram facebook maupun youtube. Ini adalah cara paling tepat untuk promosi diri dan mendapatkan uang dengan menjual lukisan. Cari kompetisi untuk artis di Internet - ada cukup banyak sekarang: gratis dan berbayar. Di suatu tempat mereka memberikan hadiah uang tunai yang mengesankan, dan di suatu tempat mereka memberikan hadiah yang menarik dan berharga, misalnya, sertifikat untuk belajar di berbagai sekolah seni dan desain.

Bagaimana cara menghasilkan uang sebagai seniman?
Penghasilan seorang seniman terkait dengan ketenarannya. Tentu saja, Anda selalu dapat duduk dengan lukisan di jalan bawah tanah. Tetapi lebih baik untuk pergi dengan metode tradisional dan menjadi terkenal di kalangan sempit untuk memulai, dan kemudian memperluas lingkaran ini.

Cara primitif adalah memasang iklan di situs iklan (Avito, Yula, dan lainnya) dan mencoba menjual lukisan di sana. Cara lain adalah pameran. Jika Anda memutuskan untuk membuat sendiri atau berpartisipasi dalam milik orang lain, maka ada peluang untuk menemukan pembeli di sana. Cara ketiga adalah melakukan pekerjaan kustom. Ini bisa berupa pekerjaan jangka panjang yang besar dan pesanan titik yang perlu dilakukan dengan kecepatan yang dipercepat.   Daftar di layanan rekrutmen atau pertukaran freelance dan tunggu pesanan pertama. Jangan khawatir bahwa saat Anda baru mulai mendapatkan pengalaman, klien Anda akan mencapai level Anda.

Karya seniman dibagi menjadi beberapa komponen. Ada lukisan untuk dipesan, ketika Anda perlu menyelesaikan pekerjaan dalam kerangka waktu tertentu dan dalam subjek tertentu. Ada lukisan dinding di interior di area yang luas. Pekerjaan itu sulit justru karena ruang-ruang raksasa yang tidak selalu berada di dalam kota. Paling sering, pesanan semacam itu dilakukan oleh sekelompok seniman. Jika Anda telah mencapai kesuksesan profesional dan tahu bagaimana melakukan banyak hal, maka adalah mungkin untuk mendapatkan uang dengan mengajar seni. Banyak seniman dengan kemampuan pedagogis datang cepat atau lambat ke cara penghasilan ini. Sulit dan tidak dapat diprediksi untuk terus-menerus hidup berdasarkan pesanan, karena tidak ada pekerjaan sama sekali, atau ada banyak pekerjaan pada satu waktu. Ada seniman yang menulis bukan untuk memesan, tetapi untuk jiwa, hanya apa yang mereka suka. Beberapa galeri membeli sejumlah lukisan setiap musim, mengetahui arah pelukis ini dan karya apa yang akan ia wakili. Kebetulan karya-karya itu belum ditulis, tetapi ada semacam rencana, dan seniman bekerja untuk galeri ini.



Post a Comment

0 Comments