Bagaimana cara menjadi perancang busana? 5 tips berguna untuk menjadi perancang busana

Bagaimana cara menjadi perancang busana

Apakah Anda ingin menjadi perancang busana? Tidur dan bermimpi tentang kejayaan Yudashkin atau Louis Vuton, tetapi ragu bahwa Anda dapat menciptakan hal yang indah sendiri dan menjadi perancang busana? Baca tentang bagaimana menjadi seorang perancang busana, pengetahuan dan keterampilan apa yang harus dimiliki seorang desainer profesional dan di mana Anda dapat mempelajarinya!


DARI ARTIKEL ANDA AKAN BELAJAR: 

  1. Perancang busana profesional 
  2. Berapa penghasilan seorang perancang busana? 
  3. Di mana belajar sebagai perancang busana? 
  4. 3 tips untuk memilih kursus desain busana 
  5. Universitas mana yang akan dipelajari sebagai desainer 
  6. Keterampilan apa yang dibutuhkan seorang perancang busana? 
  7. Bagaimana Menggambar Desain Fashion 
  8. Bagaimana menjadi perancang busana terkenal 
  9. Kompetisi untuk desainer muda


Perancang busana profesional 

Apa yang dilakukan seorang perancang busana? Spesialis ini mengembangkan sketsa model pakaian masa depan dan menghidupkannya. 

Seorang desainer profesional harus memahami beberapa bidang sekaligus: 

  • sejarah mode 
  • sifat dari berbagai jenis kain 
  • gambar busana (garis besar model masa depan) 
  • pengembangan pola 
  • desain dan model pakaian 
  • analisis dan perkiraan tren mode 
  • jahit 

Kelebihan menjadi perancang busana: 

  1. Tuntutan. Kebutuhan untuk berpakaian modis tidak akan pernah hilang, dan hanya sedikit orang yang bisa menciptakan model yang benar-benar cantik. Pikirkan tentang berapa banyak perancang busana yang Anda kenal? 
  2. Peluang untuk pertumbuhan karir. Ketekunan, ketekunan, bakat, dan kepercayaan diri pasti akan membawa perancang busana menuju kesuksesan. Garis pakaian atau aksesori sendiri - apa lagi yang bisa Anda impikan? 
  3. Kreativitas konstan. Orang-orang dengan pola pikir kreatif membutuhkan tempat untuk menyadari potensi mereka. Industri fashion adalah tempat yang tepat untuk mengekspresikan diri dan mewujudkan ide-ide Anda. 
  4. Keuntungan yang bagus. Pekerjaan seorang perancang busana selalu membayar dengan baik. Bahkan di awal perjalanan, ketika Anda tidak akan memiliki banyak pesanan. Jika Anda tidak berdiam diri, tetapi terus berkembang dan bekerja, maka penghasilan Anda juga akan meningkat. 
  5. Perjalanan dan wajah baru. Peragaan busana di seluruh belahan dunia, pertemuan dengan pemasok dari berbagai negara. Kesempatan luar biasa untuk melihat dunia, menggabungkannya dengan melakukan apa yang Anda sukai. 

Kekurangan menjadi perancang busana: 

  1. Kurangnya waktu luang, terutama pada awalnya. Anda harus bekerja berjam-jam untuk menjadi sukses, atau setidaknya menghasilkan uang dari bisnis Anda. 
  2. Penghasilan yang tidak terduga. Satu bulan Anda bisa menghasilkan banyak uang, dan bulan berikutnya Anda bisa benar-benar kosong dari pesanan. Keuntungan Anda akan tergantung pada banyak faktor: pengalaman, tingkat keterampilan, popularitas, dan lainnya. 
  3. Menekankan. Mode multitasking adalah pendamping setia seorang perancang busana. Pertemuan dengan pelanggan, jadwal kerja yang ketat - semua ini harus digabungkan dan tepat waktu.


Berapa penghasilan seorang perancang busana ? 

Nah, salah satu pertanyaan utama yang menarik minat semua desainer masa depan: berapa banyak yang bisa Anda peroleh dari ini? Jangan khawatir, spesialis yang sangat keren tidak akan pernah dibiarkan tanpa pekerjaan.

Masih ragu bahwa perancang busana adalah spesialis yang dicari dengan gaji yang layak? Lihatlah layanan untuk menemukan spesialis dan pastikan bahwa orang bersedia membayar dengan layak untuk pakaian yang bergaya dan unik.

Di mana belajar sebagai perancang busana? 

  • Metode nomor 1 - pendidikan mandiri. Jika Anda cukup disiplin, Anda dapat mencoba mempelajari dasar-dasar profesi desain sendiri. Untuk melakukan ini, Anda harus membaca banyak literatur khusus tentang mode, rahasia dan seluk-beluk pemodelan pakaian, dan banyak lagi. Ada banyak video di YouTube tentang topik apa pun. Tetapi metode ini memiliki kelemahan yang signifikan - Anda tidak akan memiliki siapa pun untuk ditanyai dengan pertanyaan yang muncul. Dan, apa pun yang dikatakan orang, belajar dengan coba-coba akan memakan waktu lebih lama. Karena itu, lebih baik segera masuk ke universitas/perguruan tinggi atau kursus khusus. 
  • Metode nomor 2 - lulus dari universitas atau perguruan tinggi berdasarkan profesi. Anda harus siap dengan kenyataan bahwa setelah masuk Anda harus lulus kompetisi kreatif untuk kesesuaian profesional. Keuntungan utama mempelajari desain busana di universitas atau perguruan tinggi adalah Anda akan memiliki ijazah di tangan Anda. Ini bisa berguna jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar di masa depan. 
  • Metode nomor 3 - kursus. Terlepas dari kurva belajar yang singkat, kursus yang sangat bagus dapat memberi Anda semua pengetahuan dan keterampilan yang Anda butuhkan untuk seorang perancang busana, serta keterampilan praktis. 
  • Metode nomor 4 - kelas master. Mungkin Anda tertarik pada beberapa arah sempit. Misalnya, menjahit pakaian dalam atau kaus. Solusi yang sangat baik untuk kasus seperti itu adalah mengunjungi beberapa kelas master dan mempelajari semua seluk-beluk membuat model pakaian tertentu.


3 tips untuk memilih kursus desain busana 

Dengan mengikuti kursus, Anda akan menerima sejumlah pengetahuan yang diperlukan dalam waktu yang relatif singkat. Namun ada beberapa nuansa yang perlu diperhatikan agar tidak membuang-buang uang. 
  • Cari tahu terlebih dahulu apa sebenarnya yang akan dimasukkan dalam program pelatihan dan untuk audiens apa materi tersebut ditujukan - mereka yang baru memulai perjalanan atau pendengar yang lebih berpengalaman. 
  • Lihat foto dari tempat tersebut. Cari tahu lokasi kursus - itu harus lebih dekat ke rumah atau tempat kerja Anda. Karena kenyamanan lokasi, Anda akan lebih termotivasi untuk menghadiri kelas. 
  • Poin penting lainnya adalah ulasan. Baca apa yang dikatakan orang-orang yang telah dilatih. Mungkin ini akan menjadi faktor penentu - mendaftar untuk kursus atau mencari sesuatu yang lebih cocok.

Universitas mana yang akan dipelajari sebagai desainer 

Apakah layak menghabiskan beberapa tahun untuk pelatihan, atau dapatkah Anda bertahan dengan kursus? Lebih baik mengambil kursus sebelum masuk universitas, ini akan memberikan pemahaman: apakah Anda memerlukan pelatihan desain, mungkin saja profesi itu bukan untuk Anda.

7 Rekomendasi Kampus Negeri yang Buka Jurusan Tata Busana dan Prospek Kerjanya


  • 1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi salah satu dari beberapa kampus negeri yang membuka S1 Pendidikan Tata Busana. Lulusan dari jurusan yang telah terakreditasi BAN-PT dengan nilai A ini disiapkan untuk menjadi tenaga akademik atau profesional yang bermutu, bertanggung jawab dan mandiri di bidang pendidikan tata busana.

Selain Strata 1 (S1), UNJ juga membuka jenjang Diploma 3 (D3) tata busana yang lulusannya diharapkan dapat bekerja sebagai fashion designer, fashion stylist, fashion buyer, wardrobe designer, dan lainnya.

  • 2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat turut membuka Program Studi Pendidikan Tata Busana. Prodi ini masuk ke Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).

Tujuan dari Prodi Pendidikan Tata Busana UPI adalah mendidik mahasiswanya agar memiliki kompetensi pedagogik, sosial, dalam bidang tata busana. Harapannya bisa berkarya sesuai standar pasar kerja baik di bidang pendidikan maupun nonkependidikan. Saat ini, Prodi Pendidikan Tata Busana UPI telah terakreditasi BAN-PT dengan nilai A.


  • 3. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Program Studi Pendidikan Tata Busana masuk ke Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (UNNES). Prodi yang telah mengantongi Akreditasi B ini bertujuan untuk menghasilkan sarjana pendidikan (S1) yang unggul dan profesional.

Harapannya lulusan prodi ini mampu menggeluti berbagai macam profesi di bidang tata busana, seperti guru Sekolah Menegah Kejuruan (SMK), pegawai negeri sipil (PNS), instruktur atau staf pengajar, staf manajemen, dan wirausaha.

  • 4. Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang (UM) yang dulunya bernama IKIP Malang juga membuka Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana. Prodi ini masuk ke dalam Jurusan Teknologi Industri.

Tujuan pendidikan prodi dengan Akreditasi B ini adalah untuk menghasilkan lulusan yang cerdas, kompetitif, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional dalam bidang pendidikan teknologi busana.


  • 5. Universitas Negeri Makassar (UNM)

Universitas Negeri Makassar (UNM) juga membuka S1 Pendidikan Tata Busana dan D3 Tata Busana yang masuk ke dalam Fakultas Teknik. Kompetensi utama lulusannya adalah memahami prinsip dasar tata busana sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Materi kuliah yang diajarkan seperti eknik Dasar Menjahit Busana, Pengetahuan dan Pemeliharaan Alat Jahit, Konstruksi Pola Dasar dan Pecah Pola, Dasar Seni dan Desain, Menggambar Mode, Pembuatan Busana Wanita, Pengetahuan Tekstil, Etika Profesi Bidang Busana, Pembuatan Busana Anak, Kriya Tekstil, Tailoring, dan Manajemen Usaha Busana.


  • 6. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi kampus negeri yang menyediakan jurusan tata busana. Kampus ini membuka S1 Pendidikan Teknik Busana dan D3 Teknik Busana yang masuk ke Fakultas Teknik UNY.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari adalah Konstruksi Pola Busana, Teknologi Tekstil, Sejarah Mode, Desain Busana, Grading Pola Busana, Teknologi Batik, Teknologi Bordir, Manajemen Peragaan Busana, dan lainnya.

  • 7. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Universitas Negeri Surabaya (UNESA) membuka jurusan tata busana baik S1 atau D3 yang masuk ke dalam Fakultas Teknik. Mahasiswa akan mendapatkan 133 SKS wajib dan 17 SKS pilihan. Mata kuliah yang diajarkan seperti Pengelolaan Usaha Busana, Desain Mode, Busana Pria, Busana Wanita hingga Cipta Karya Busana dan Praktik Kerja Lapangan (PKL).


Jika Anda memiliki cukup keuangan, Anda dapat belajar di luar negeri. Sekolah-sekolah ini dianggap yang terbaik di bidang desain: 

  • College of St. Martin, London (Sekolah Tinggi Seni dan Desain Saint Martins Pusat) 
  • Institut Marangoni, Milan (Istituto Marangoni) 
  • Universitas Mode Bunka, Tokyo (Sekolah Tinggi Mode Bunka) 
  • Parsons School of Design, New York (Parsons The New School For Design) 
  • Institut Teknologi Mode, New York (Institut Teknologi Mode)

Keterampilan apa yang dibutuhkan seorang perancang busana? 

Apa yang perlu Anda ketahui untuk menjadi perancang busana? Jika Anda berpikir bahwa desainer hanya terlibat dalam membuat sketsa model baru, maka Anda salah. Seseorang dengan serangkaian kualitas dapat menjadi profesional yang keren: 

  • Potensi kreatif. Desainer = kreatif. Generasi konstan ide dan konsep kreatif, kemampuan untuk membuat sesuatu dari ketiadaan. Keterampilan visualisasi sangat penting: melihat kain yang tergeletak di depan Anda, dapat membayangkan dalam pikiran Anda gambar produk jadi darinya. 
  • Rasa gaya dan warna bawaan. Ini sulit dipelajari, jadi orang yang sama sekali tidak memiliki selera hampir tidak mampu menjadi perancang busana. Anda perlu tahu warna mana yang berhasil dan mana yang tidak, dan mengapa. Namun, keterampilan ini dapat dikembangkan jika diinginkan. 
  • Kemampuan menggambar. Salah satu tugas utama seorang desainer adalah mengembangkan sketsa dan mentransfer ide mereka sendiri ke kertas. Jika Anda merasa tidak cukup kuat di bidang ini, ikuti kursus tambahan. 
  • Kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang-orang dan bekerja dalam tim. Di masa depan, Anda harus terus-menerus menghubungi pelanggan, Anda harus belajar bagaimana melakukannya dengan benar. Seiring berkembangnya merek pribadi Anda, begitu pula lingkaran orang-orang yang sering berinteraksi dengan Anda - penjahit, pemasok kain. Koherensi kerja tim adalah kunci kemakmuran bersama. 
  • Kemampuan bisnis. Agar produk Anda menjadi populer, Anda harus bisa menjualnya. Konsep seperti konsep penjualan, pemasaran, anggaran, seharusnya tidak membuat Anda bingung dan tidak mau googling. Ada kemungkinan bahwa pada tahap awal ini tidak akan berguna bagi Anda, tetapi untuk pengembangan lebih lanjut keterampilan seperti itu diperlukan.

Bagaimana Menggambar Desain Fashion

Apakah mungkin untuk menjadi seorang desainer jika Anda tidak bisa menggambar? - Ya, Anda pasti bisa. Saya adalah contoh klasiknya :) 12 tahun yang lalu saya belajar menjadi penjahit dan tidak tahu cara menggambar sama sekali. Seiring waktu, saya mengembangkan gaya menggambar model individu, yang sekarang banyak dikatakan sangat keren. Evgenia Petrik, perancang busana, pemilik studio Bahkan tidak perlu menggambar desain pakaian dengan tangan - program khusus akan melakukan segalanya. Berikut adalah beberapa program desain busana paling populer:

  • Autodesk Sketchbook Pro adalah program dengan antarmuka minimalis, agak mirip dengan Photoshop. Fungsinya cukup untuk membuat model baju dan sketsa.
  • Adobe Illustrator adalah program yang dirancang khusus untuk desainer di bidang apa pun. Fungsionalitas yang mengesankan, dari berbagai kuas dan pensil hingga efek dan filter khusus.
  • Fashion Design Flat Sketch adalah aplikasi untuk ponsel atau tablet Android. Dengan alat ini, Anda dapat membuat sketsa sederhana pakaian dari barang yang sudah jadi.
  • C-Design Fashion adalah program tablet grafis yang memungkinkan Anda membuat gambar teknis dan sketsa pakaian. Perpustakaan berisi banyak rakitan dan bagian yang sudah jadi.
  • Optitex Runway Designer adalah ruang pas virtual. Pilih manekin sesuai dengan parameter yang diberikan dan lihat bagaimana benda ini atau itu akan duduk di berbagai jenis gambar. Tekstur kain, serta sifat-sifatnya, dapat diubah.


Bagaimana menjadi perancang busana terkenal 

Profesi dikuasai, jiwa gemetar mengantisipasi banyak pelanggan yang murah hati? Hanya sekarang waktu berlalu, dan tidak ada yang berpaling kepada Anda untuk desain keren dan koleksi busana baru dari gaun atau pakaian dalam. Persediaan pada kesabaran!

Tangkap 5 rekomendasi yang akan membantu desainer pemula untuk dipromosikan:

  1. Carilah pelanggan pertama di antara teman, kerabat. Mereka akan menjadi iklan berjalan Anda. Biarkan mereka memposting foto dengan kreasi Anda di halaman mereka dan memberi tahu serta menunjukkan tautan ke Anda. Nah, maka dari mulut ke mulut akan dimulai.
  2. Pikirkan tentang nilai apa yang dapat Anda berikan kepada calon pelanggan. Buat trik Anda sendiri, misalnya, diskon yang bagus untuk pelanggan pertama.
  3. Buat grup atau akun media sosial tempat Anda akan memposting foto kreasi Anda. Ini juga dapat dilakukan di halaman pribadi.
  4. Tempatkan iklan yang menawarkan layanan Anda di berbagai sumber untuk desainer pemula dan berpengalaman (londonstreet.ru, behance.ru, dan lainnya).
  5. Jika Anda sudah memiliki portofolio yang mapan, ambil lookbook yang bergaya dan rapi dan kirimkan ke publikasi dan pembeli.

Kompetisi untuk desainer muda 

Bagaimana cara menyatakan diri jika Anda baru mengambil langkah pertama dalam profesi? Untuk melakukan ini, kompetisi khusus diadakan, di mana desainer pemula dapat menunjukkan bakat mereka

Ingatlah bahwa banyak desainer terkenal memulai perjalanan mereka dari bawah. Misalnya, Giorgio Armani pertama kali bekerja sebagai penata rias di sebuah department store, dan Calvin Klein, sebagai penjahit otodidak, bekerja sebagai magang di sebuah studio. Percaya pada diri sendiri, ciptakan dan jangan berhenti di situ!


Post a Comment

0 Comments